Wednesday, February 20, 2013

DESA BLANG BAYU DI NAGAN RAYA

Jembatan dan irigasi Desa Blang Bayu Nagan Raya
    Desa Blang Bayu terletak di Kabupaten Nagan Raya, Nanggro Aceh Darussalam merupakan salah satu desa di Nagan Raya menjadi favorit dalam bidang perikanan karena di desa tersebut banyak warga yang mempunyai tambak ikan dalam bahasa setempat di sebut Geunang. Selain geunang ada juga warga yang membuat kolam ikan mas karena di daerah dataran tinggi dialiri oleh  sebuah sungai buatan namanya sungai Aceh Kongsi dengan tujuan untuk pengairan sawah baru.

Menderes Karet
    Blang Bayu termasuk wilayah desa yang makmur dari hasil perkebunan diantaranya perkebunan karet dan kelapa sawit. Perkebunan karet warga yang sangat luas sehingga warga desa tersebut hampir  80 persen berpendapatan baik dari hasil karet dan sawit, selain itu Blang Bayu juga mempunyai area sawah yang sangat luas baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi sehingga Blang Bayu  merupakan salah satu lumbung padi di Nagan raya sehingga Blang Bayu dikenal luas sampai ke luar Nagan Raya.

Belah duren jatuh

 

   Hasil tanaman yang sangat terkenal adalah hasil tanaman durian, bila musim durian tiba masyarakat menyambutnya dengan gembira sehingga hasil penjualan duriannya sampai ke ibu kota provinsi yaitu kota Banda Aceh yang jaraknya lebih kurang 300 km dari desa Blang Bayu. Pelancong dari luar daerahpun berdatangan menuju desa Blang Bayu untuk membeli durian jatuh yang rasanya sangat nikmat. Mereka bilang ingin makan dan merasakan durian jatuh dari pohon yang rasanya beda dengan durian yang di jual di pasaran.

Blang Bayu Nagan Raya
    Keindahan alam yang masih asri membuat tenang dan betah berada di desa Blang Bayu dengan keramah tamahan warganya membuat pelancong ingin kembali bila mereka telah pulang. Suasana Desa yang terbebas dari polusi udara, air dan tanah sangat terlihat sa'at matahari pagi, air bening mengalir di sungai Krueng Kulu setiap detik lambaian dedaunan di pinggir bukit saat angin meniup seakan alam memanjakan penghuninya untuk tidak pindah dari tempat duduknya.
Tungguin duren jatuh
  
  Walaupun Desa Blang Bayu jauh dari kota Provinsi namun warganya selalu ingin menuntut ilmu sampai ke ibu kota, banyak warga sudah mendapat Sarjana dan mereka itu sekarang sudah menjadi Pegawai Negeri bekerja di pemerintahan dan juga jadi Pengusaha, berkat keinginan orang tua dan anaknya untuk kemajuan dalam bermasyarakat.

 
PENDIDIKAN 

Data sekolah yang terdapat di Desa Blang Bayu sebagai berikut :

    Nama Sekolah : SDN BLANG BAYU
NPSN : 10104761
Alamat Sekolah : DESA BLANG BAYU
Kode Pos : 23671

Desa/Kelurahan : BLANG BAYU
Kecamatan :
Kabupaten/Kota : KAB. NAGAN RAYA
Propinsi : ACEH
Status Sekolah : NEGERI

Tahun Pendirian : 1982

Waktu Penyelenggaraan : Pagi

Jenjang Pendidikan : SD

Mutu Pendidikan : -
Gugus Sekolah : -
Kurikulum : KTSP

Desa Blang Bayu di apit oleh :
Utara       :   Desa Meunasah Pantee
Selatan    :   Perkebunan Kelapa Sawit
Timur       :  Desa Kuta Jumpa
Barat       :  Desa Blang Preh

Peta Blang Bayu terlihat di web di bawah ini ;

    http://mapcarta.com/25756932



Oleh   : Sani Fenaro; 2013

No comments:

Post a Comment